Wednesday, January 25, 2006

ntop

Alhamdulillah....akhirnya bisa juga gw nginstall ntop di proxy. nggak begitu penting sih mungkin, mungkin malah jauh jauh lebih penting gw masang mrtg dan sarg, tapi dunno why tadi jadi serius pengen nyalain ntop. sebenernya ntop ini udah gw install (lewat rpm) beberapa hari minggu yang lalu tapi nggak jalan dan gw males mau menelusuri kenapa-kenapa nya. Mungkin karena tadi pagi mas dwi nyalain prtg nya dikomputer billing jadi gw penasaran sama ntop.

Awalnya gw bingung log nya dimana ya? di /var/log/ nggak ada. terus gw inget log utama sistem /var/log/message yang ternyata memang manjur dia memberikan clue-nya. yang paling penting password admin belum gw set jadi nggak mau jalan, cara ngesetnya gampang, cukup tambahkan opsi -A jadi
# ntop -A
nanti dia akan meminta masukan password dan seperti biasanya konfirmasi password yang baru saja dimasukkan. seinget gw cuma itu, plus ngubah /etc/ntop.conf sesuai kebutuhan. hasilnya...... ya gambar diatas itu. Tentang situs lain yang gw buka ummm nanti gw ceritain deh.

No comments: