Wednesday, January 04, 2006

Kemarin? atau hari ini?

Ternyta susah ya memegang resolusi sesederhana posting blog tiap hari. OK, sebelum gw nerusin nulis, mungkin lo perlu tahu kalau posting ini baru dibuat tanggal 5 januari sementara tanggal postingnya bakalan gw undurin kemarin, 4 januari karena memang ini posting untuk kemarin.

Kemarin hari yang isinya cuma perpus, kebetulan gw jaga sore jadi seharian bisa diperpus, meskipun ya....nggak seharian sih. pagi gw dateng jam 8, gw kira(karena biasanya gitu) udah banyak yang nunggu kunci, eeee ternyata masih kosong blong tanpa manusia satu pun dilantai tiga. ada sih...anak-anak properti yang pada mau ujian. Mbuka lab 1 sampe jam setengah 10 baru gw ke perpus sama mba' riris. pas pagi itu gw ke perpus, wati, a friend of mine bilang "(n)dengaren....", terus pas siang ketemu mas andi mengatakan hal yang sama. Dulu pas mau mid semester mbak......(siapa ya namanya?, pokoknya salah satu staf perpustakaan FE) bilang (ya meskipun sambil becanda sih) "nggak salah belok?", kebetulan kantor gw sama perpus referensi berseberangan di lantai 3, jadi kalau belok kanan pintu kantor, belok kiri perpus (oohhhh....what a wonderful place). O, iya sebelum lupa, gw pengen bilang makasih banget untuk ade yang ngegantiin gw jaga lab 1 sampe jam setengah 6 dan arianna yang ngegantiin ade jaga lab 3 karena ade ngegantiin gw jaga lab 1(dan karena hujan sore kemarin dereees banget). You're both so nice. thanks ya. Kok malah jadi kayak diary ya??? dear diary bla bla bla......

Ok, enough basa-basinya (basa-basi sepanjang itu? gila lu!)

gw baru nyadar masih punya banyak beberapa tugas kuliah yang belum terselesaikan. biasa lah nggak lain nggak bukan akibat seneng nunda-nunda kerjaan. Kemarin diperpus gw cari bahan proposal untuk tugas kuliah metodologi penelitian(yang ternyata masih agak lama karena ujian senin besok diundur 2 minggu yang akan datang tapi gw nggak pengen menunda kerjaan lagi), it's about performance, yach.....ngukur corporate performance (atau firm performance ya?) lewat financial performancenya. kalau pake metode yang orang bilang tradisional (pake rasio macam return on Investment[ROI], Return on Equity[ROE] dan kawan-kawannya) belum bisa memberikan gambaran yang sesungguhnya mengenai kinerja perusahaan (kalau kenapanya nanti ya, gw tulis di blog lain yang udah khusus gw siapin, disamping gw lupa, he he he) karena itu dicari metode lain untuk mengukur kinerja perusahaan dengan mengukur nilai tambah yang telah dihasilkan perusahaan(untuk stakeholdernya). nha....metode baru ini yang gw pake, EVA (Economic Value Added). Kemarin nyari beberapa paper di internet (plus ngubek-ubek koleksi gw di CD) dapet beberapa paper tentang EVA, ada yang menjelaskan tentang EVA tapi ada juga justru yang.....mungkin kalau boleh dibilang nggak setuju denga EVA. sebabnya? itu besok juga ya.

Selain metolit, yang justru deadlinenya lebih deket paper koperasi, yang gw tangkep dari pak bachib waktu itu kita disuruh nulis paper tetang koperasi, salah satu contoh yang beliau berikan, "bagaimana koperasi dimasa yang akan datang". Nah Insya ALLAH gw mau nulis tentang Implementasi Teknologi Informasi di koperasi berbasis Open Source.Ada masukan?

No comments: