Thursday, January 19, 2006

64 Bit, XMMS, and NTFS

Besok pagi gw ada ujian Manajemen Resiko, tapi...fuuuuhh males banget mau belajar, gimana enggak, lha wong sampe 10 BAB, mana bukunya bahasa Inggris lagi, Dosen gw pake Risk Management and Insurance nya harrington tau sendiri gw kan nggak bisa bahasa Inggris nya pas-pasan. pagi ini gw jaga lab tiga, nyetel Windows Sebentar terus nginstall Fedora Core 4 64 bit di komputer depan. 64 Bit? nggak salah? enggak kok, beneran. lab gw punya komputer 64bit tiga biji. Proses Instalasinya sama aja kayak 32bit nggak ada yang beda, Ummm nanti or besok deh gw kasih screenshotnya.

Selesai Instalasi gw pengen nyetel lagu, tapi..... ini kan Fedora Core, sejak core 1 pun FC nggak ngasih dukungan ke MP3, konvert semua lagu ke ogg keliatannya bukan langkah bijak, he he he(lama n males gitu maksudnya). Ok berarti gw harus install plug-in mp3 untuk Xmms, tapi ups.....ternyata xmms pun nggak ada(adanya di Fedora extras). Sebenernya instalasi semua nya akan lebih mudah kalau gw pake YUM(Yellow Dog Updater Modified), tapi berhubung gw belum pernah pake Yum langsung dari Internet, apalagi dibelakang proxy, jadi gw memutuskan untuk pake cara kuno, The rpm Way, he he he. Gw ngambil paket agak banyak tadi pokoknya yang berbau xmms gw ambil, pake wget(wget via proxy nanti aja ya). Sebenernya mungkin cukup dua paket yang gw ambil :
Selesai...... tapi. Damn! gw baru inget kalo semua partisi Windows di komputer ini filesystemnya NTFS :-( awalnya mau give up, tapi setelah tahu kalau cukup install satu paket dan kecil lagi, jadi semangat lagi. sebelumnya gw ketik dulu di konsole

$ uname -r
(keluarnya) 2.6.11-1.1369_FC4

Jadi gw ambil paket kernel-module-ntfs yang ini. mount mount mount dan alhamdulillah bisa. puas rasanya. Ok segitu dulu, gw mau belajar Manajemen Risiko lagi. biar besok bisa ngerjain soal ujiannya n dapet nilai bagus, he he he. gambar diatas adalah desktop gw setelah xmms nya mau muter mp3. Have a nice day guys!



No comments: