Monday, January 02, 2006

How To make MandrivaLinux Installation Screenshot

Sorry This post will be in Bahasa Indonesia, I will give you some link to the english reference.

Sebagian besar pengguna linux gw yakin udah tahu gimana caranya ngambill screenshot di mode grafis dengan desktop manager apapun, KDE punya Ksnapshot, GNOME punya..... (sorry gw lupa namanya)

Lalu bagaimana caranya mengambil screenshot instalasi linux? Gw sendiri nggak tahu berapa banyak jenis installer linux yang beredar dan tentunya masih banyak dipake didunia linux. Yang paling terkenal tentunya anaconda(mungkin ada yang mau mbuat fork bapakonda atau mamakonda? He he he.....) yang dipake redhat / fedora family, AFAIK banyak distro lain yang pake installer ini (mungkin nanti ada yang mau menyebutkan di comment yang lain itu apa? Atau kalau gw tahu ntar gw update posting ini), setelah itu installernya debian yang dipake debian-family distribution, just For your Information, Debian saat ini baru mbuat installer grafis kayak anaconda, gw sendiri baru sempet liat screenshotnya(mungkin bakal gw kasih linknya disini kalau ketemu) dan belum pernah nyoba. Yang ketiga installernya mandriva(formerlu mandrakelinux), gw nggak tau ini diturunkan dari apa, distibusi ini sendiri diturunkan dari redhat tapi kalau installernya entah, sejak gw kenal ni distro tahun 2001 (waktu itu gw pake mandrake 7.2 dan......ini distro pertama yang gw coba install, bener2 pertama kali gw kenal linux) installernya udah beda gitu. Mungkin yang terakhir yang harus gw sebut disini installernya SuSE, no idea tentang yang satu ini, distribusi ini diturunkan dari slackware, tapi installernya........fuuuhhhhh keren abis.(apa masih jadi bagian dari YaST ya installer ini?)

Beberapa bulan lalu, pas gw sama temen2 di UPKFE mau ngadain pelatihan linux untuk pertama kalinya, gw tanya ke milist tanya-jawab gimana caranya ngambil screenshot instalasi mandrake(waktu itu gw pake mandrake 10.1). gw dapet jawaban shift+printScreen, kalau ndak salah yang njawab pak Andika waktu itu, beliau mengungkapkan kombinasi tombol itu bisa dipake di anaconda, kalau dimandrake entah. Ok, gw coba di fedora dan clon RHEL4(CentOS, TaoLinux, WhiteBoxLinux) berjalan dengan baik(anyway, screenshot gw itu dimana ya? Gw lupa narohnya). Tapi dimandrake, nggak bisa.

Dua hari yang lalu gw penasaran gimana ya caranya ngambil screenshot instalasi di mandriva 2006.0? Ummmm, yang buat gw penasaran ge pernah beberapa kali secara nggak sengaja bisa nangkep screenshot instalasi mandriva tapi entah kombinasi tombol yang gw tekan apa. Dulu gw udah pernah search di google tapi nggak nemu apapun.

Sabtu kemarin gw search lagi di google pake keyword “” dan nemuin LINK HERE. Ternyata bukan kombinasi tombol tapi cuma cukup tekan F2. Setelah gw tekan pertama kali dia akan ngasih notifikasi kalau screenshotnya bakal disimpen di /root/. Dan setelah itu cukup tekan F2 dan nggak ada notifikasi lagi(gw belum yakin 100%, tapi menurut gw gitu) soalnya pas gw tekan F2 nggak ada reaksi apa-apa.(Just FYI, kalau di anaconda setiap nekan Shift+PrintScreen akan ada notifikasi sehingga kita bisa merubah nama filenya. Pagi ini gw baru mau nyoba ngambil screenshot instalasi mandriva untuk buku yang baru gw tulis. Ok guys itu aja untuk pagi ini, happy screenshot taking! And yes, happy new prosperous year too! And perhaps some of you still have a holiday this monday, happy holiday!

No comments: