Sunday, February 05, 2006

Tentang Karikatur di surat kabar denmark itu

Bingung mau nulis judulnya. takut salah kata gitu. siang ini gw mulai cari bahan tentang tulisan ini dengan googling pake keyword danish mohammed. yang paling atas ada gavinsblog, dia nggak begitu banyak komentar, hanya memberikan link ke humaneventsonline.

Sebenernya agak basi juga ya, karena karikatur tersebut dimuat september tahun lalu, 4 bulan yang lalu, oleh
Jyllands-Posten. Ummm satu hal yang ngebuat gw ilfil sama harian ini ketika gw liat websitenya ada bintang david, you know a symbol of jewish yang merupakan urutan pertama simbol yang gw benci, bintang itu nggak begitu jelas, tapi cukup terlihat menurut gw.

Afterposten, salah satu koran norwegia menulis tentang pemuatan ulang keduabelas karikatur tersebut di France Soir. konon dibawah headline nya tertulis :
"Yes, we have the right to caricature God", the paper ran a front page cartoon with Buddha, the Christian and Jewish Gods and the Prophet Mohammed sitting on a cloud above Earth, with the Christian God saying: "Don't complain Mohammed, we've all been caricatured here."
Nice Comment right, menurut gw, jesus, budha dan semua tokoh lain boleh digambar, dibuat patungnya dan lain sebagainya karena memang menurut kepercayaan mereka diperbolehkan. Mungkin justru pemuatan ulang ini yang memicu protes dimana-mana, maksud gw orang-orang baru sadar kalau ada yang melakukan penghinaan terhadap sosok Rasulullah SAW. terserah lo mau bilang gimana, tapi buat gw ini termasuk penghinaan dan pelecehan terhadap Rasulullah SAW dan umat Islam, ini sudah melanggar etika kebebasan berpendapat.

Sejauh pemahaman gw, Umat Islam tidak menggambarkan sosok Rasulullah Muhammad SAW karena dikhawatirkan nantinya ada yang melakukan penyelewengan bukan melakukan penyembahan kepada ALLAH SWT tetapi kepada Rasulullah. Jadi itulah sebab utama kenapa Umat islam mencak-mencak ketika ada yang menampilkan karikatur Rasulullah SAW. Tentang pemboikotan barang-barang dari denmark, Ummmm, sebenernya gw setuju-setuju aja, at least sampe beberapa pekan kedepan, sekedar ngasi pelajaran bagi pers di denmark tentang arti kebebasan berpendapat dan berekspresi

pas gw tadi cari-cari situs webnya Jyllands-Posten, dihomepage nya ada link Open letter to Fellow Muslim citizens yang berisi penjelasan dari editor-in-chief mengenai pemuatan karikatur tersebut

jujur gw nemu beberapa link yang menampilkan ke 12 gambar karikatur Rasullulah Muhammad SAW tapi memang sengaja nggak gw publish disini karena satu dan lain hal yang gw yakin lo pasti paham.

Ok Segitu dulu, gw bingung mau nulis apalagi dan urutannya gimana. Berikut ini ada beberapa link yang bisa jadi referensi lanjutan

No comments: