Friday, December 30, 2005

30 : 20

Kalau 80:20 setiap manajer pasti tahu itu aturan pareto, tapi kalau 30 : 20? Gw jadi bingung aturan pareto itu bunyinya gimana ya? Yang gw inget 80 persen hasil ditentukan oleh 20 persen usaha yang kita lakukan. Tapi barusan gw search di google pake keyword “aturan pareto” kok sebaliknya “Menurut Aturan Pareto, 80% usaha kita hanya mencapai 20% hasil”, tapi ternyata dibelakang itu ada tulisan “demikian juga sebaliknya. Jika Anda dapat mengenali 20% usaha yang akan memberi Anda lebih dari yang ingin Anda capai, Anda akan berhasil”. Whatever lah. Kembali tentang 30 : 20.

Pada tanggal yang sama seperti hari ini, 30 Desember, 20 tahun yang lalu, bunda ngelahirin gw. I love you mom”. Dua puluh tahun guys umur gw. Alhamdulillah Ya Allah Engkau masih menginjinkan hambamu yang penuh dosa ini untuk menghirup nafas didunia agar bisa bertaubat. Meskipun……

Ngomong tentang 20 tahun gw jadi malu banget, Marcello Tosatti, maintainer kernel linux 2.4 jadi maintainer pas umur dia 18 tahun. yang lain mungkin banyak juara olimpiade komputer, fisika dan lain sebagainya sebelum dua puluh tahun, tapi buat gw jadi maintainer kernel sebelum dua puluh itu amazing(meskipun mungkin buat dia biasa aja) dan feeling gw bilang banyak developer opensource yang umurnya dibawah 20. Ok….ok beberapa bulan lalu gw punya mimpi bisa nulis buku dan buku itu terbit sebelum gw dua puluh, tapi gagal. Ok gw turunin standar jadi masukin ke penerbit sebelum 20 (terbitnya besok2 ga papa lah) ternyata “gagal maning gagal maning….kepriben kiye son…” ha ha ha……..

Sekali lagi gw perlu introspeksi tentang usaha gw. Beberapa tahun terakhir kegilaan gw dalam meraih mimpi berkurang, meskipun disisi lain ada hal yang harus gw syukuri bahwa ide-ide gila gw ada aja yang muncul…. Jadi masalahnya terjadi ketimpangan antara ide yang muncul dan kemampuan untuk mewujudkannya.

Tentang ucapan selamat……lewat SMS yang pertama kali mbak anik, terus Bunda tercinta, my little sister(yang kemarin udah ngasih tas gw) Nok Unis,trus ipul, dan mas mirwan (Handsome). Dikampus ucapan pertama datang dari mbak nanha, terus mbak Riris, Rian dan mas Dwi trus budi. Barusan pas baru ngobrol sama pak Made Bayu dikantor ada SMS dateng and…… ternyata Nok Desi yang SMS, dunno how did she now my B-Day, mungkin dari buku alumni SMA gw. Thanks ya nok.

Mungkin ada satu hal lagi yang harus gw tulis disini, dua hari yang lalu, tanggal 28 desember pagi, Nok Diah SMS gw, ngucapin selamat ulang tahun, gara-garanya nggak lain nggak bukan karena tanggalan di kantor tanggal 28 desembernya ditulisin “HUT panji”. Meskipun salah….makasih ya

Pokoknya thanks untuk semua ucapan dan doa untuk gw. I Love You all……

No comments: