Saturday, November 26, 2005

Remote move and move

Malem eh pagi ini, gw masih dikampus, kalau tadi gw yang KO duluan mas-mas yang nemenin masih pada mainan, sekarang mereka pada KO gw yang melek(bentar tak nyruput teh anget dulu......)

Tadi Mesin baru xSeries 226 nya udah selesai diinstalli CentOS 3, yang ternyata eh ternyata dari RHEL 4. gw mau pake CentOS 4 takutnya PHP and MySQL bawaan distro itu terlalu advance sehingga nantinya aplikasi-aplikasi yang mau gw pake nggak bisa jalan. Ok enough for that, tapi masih berhubungan juga, sekarang masih ada dua mesin lagi yang mau gw install ulang, yang satu server HP yang biasanya dipake untuk server data(nantinya mau gw pake untuk ngoprek and develop LDAP+Samba) yang satunya lagi komputer Acer yang dulunya di lab 2 mau gw Jadiin pengganti mesin HP itu(besok kasih nama satu-satu ah biar nyebutnya gampang gitu). Semoga nanti mas arie jadi main kesini, dan semoga we can figure out the main problem on my proxy. selain dua mesin diatas, kalau masalahnya udah ketemu gw kepikiran untuk ngeinstall ulang proxy, jadi gw buat mesin itu full untuk proxy(sekarang itu masih dual boot windows dan isinya macem-macem)

Masuk ke judul posting ini, yaitu tentang Remote Move and move, 2 mesin yang mau gw install ulang itu masih menyimpan data yang banyak dan penting karena itu harus gw move sebelum gw install ulang. data-data itu gw move ke komputer billing di lab 1(yang harddrivenya segede gajah) karena tadi komputer lab 2 sama 3 dipake mas wicak sama mas uut. data di komputer acer gw move biasa aja, kopi cut - paste di windows explorer, terus data dari mesin HP gw move pake WinSCP.

Langkah pertama gw nyalain komputer server lab 1. jujur awalnya gw mikir bahwa gw harus berlama-lama menunggu didepan komputer itu sampai semua data selesai terkopi, tapi tiba-tiba dapet ide, why aren't doing it remotely? gw buka properti komputernya gw kasih ijin komputer melakukan remote desktop. belum selesai, setelah itu proses move gw taro dibackground, queue gitu deh. terus gw kembali ke kantor. dari komputer Acer gw Cut - Paste data ke komputer lab 1, dan melakukan koneksi remote ke komputer lab 1.

Yang paling asik, mungkin anda bisa melakukan lebih banyak lagi, meskipun gw rasa itu bakalan cuma iseng bukan butuh, kalau koneksi remote terlalu banyak. Sekarang gw di lab 2, gw ngeremote komputer Acer yang ada dikantor dan dari komputer itu gw bisa ngeremote komputer di lab1(sebenernya mungkin bisa koneksi langsung ke komputer lab 1 tapi keliatannya ndak seru. Berikut gambar2 nya.


Beda sama kalau di linux(meskipun bisa pake VNC tapi lebih sering gw kalau butuh akses remote pake SSH client kayak putty, kalau diWindows, segalanya grafis bo. Ini masih di LAN 100Mbps( b kecil lho), meskipun b kecil tapi kan cepet banget tuh. Gimana ya kalau admin Windows harus ngeremote mesin yang nun jauh disana dengan line seadanya? ada admin yang mau cerita mungkin?

No comments: