Friday, October 21, 2005

SALES, CUT, PASTE......

Kemarin siang gw kuliah Metolit (Metodologi Penelitian) kelasnya pak Agusty Ferdinand. Selama Setengah semester beliau baru dua kali ngajar(4 kali berarti karena setiap pertemuan dua jam langsung). Sebelum gw cerita sedikit tentang isi kuliah kemarin, just FYI, mata kuliah ini, seperti namanya membahas cara melakukan penelitian dan terutama menuliskan laporannya, jadi materinya per bab dalam penulisan thesis(skripsi maksud gw). kemarin beliau mbahas bab 2 tentang studi pustaka, intinya ya gitu deh, dibab itu kita nulis teori-teori terdahulu yang mendukung hipotesis kita nantinya, yang nggak mendukung nggak usah ditulis. Selain itu beliau juga mbahas tentang AGF(Achivement Generating Factor) --weeks terpaksa mbuka catetan sebentar, gw lupa kepanjangan AGF apa --, dan SGF(Support Generating Factor).

Beliau contoh dengan pertanyaan gini, misalnya kami(gw ma temen2 mahasiswa/) sales teh botol sosro dan pak Agusty Manajernya. masalah penelitiannya "mengapa kinerja penjualan menurun?". Ok sedikit info tambahan, pas kuliah pertama kemarin kami dibagi jadi 12 kelompok, tiap kelompok ada 5 orang. dari pertanyaan diatas tiap2 kelompok diminta ngasih jawaban satu-satu. beberapa jawaban yang ada antara lain : pesaing, selera konsumen berubah, harga, distribusi, promosi sampai harga barang baku. yang bener yang mana coba? cuma satu dari 12 biji jawaban, yaitu distribusi kurang merata. jadi inti dari AGF itu faktor-faktor yang bila dilakukan dengan baik akan meningkatkan peluang sukses tapi bila tidak dilakukan pasti gagal. sementara kalau SGF itu faktor-faktor yang mendukung keberhasilan kita, tetapi kalaupun tidak dilakukan tidak apa2. dari pertanyaan diatas, AGF nya Distribusi kurang merata dan SGF nya promosi. Dengan distribusi merata akan meningkatkan kinerja penjualan, apabila pemerataan distribusi itu ditunjang dengan promosi maka akan mempercepat peningkatan kinerja penjualan.

OK cukup tentang kuliahnya, sekarang tentang judul posting ini, SALES, CUT dan PASTE. sebenernya ini masih berhubungan dengan cerita diatas. beliau cerita pernah ada mahasiswa ujian skripsi menyebut salesman dengan sales(kalau kamu tahu sale pisang, pengucapan sale nya kayak sale dalam sale pisang), terus beliau bilang kenapa kalau mahasiswa mengucapkan copy paste, bukan kopi pest, tapi kopi paste, kalau gitu kalau disumatra ada Cut mutia(atau cut tari yang bintang sinetron itu) berarti ada Cut paste dong......

Maap kalau ndak lucu, bingung nulisnya, soalnya berhubungan dengan pengucapan, tapi semoga bisa mudheng deh.

2 comments:

Nama Gue Astry said...

mahasiswanya pak Agusty juga ya mas???? :)

Sumodirjo said...

@Astry : iya, dulu ambil metolit. seru sih kuliahnya, cuma waktu ngajar metolit terlalu mengarah ke pemasaran dan gak meluas ke riset konsentrasi lain. anak FE UNDIP juga kah?