Friday, May 06, 2005

Space...space...and space (of the storage)

Masih inget sama disket yang segede gajah dengan kemampuan semut? maksud gw yang 5 1/4" dengan kapasistas 360kb., yang terus naik jadi 720 Kb? kalau mau pake komputer kita pake disket itu dua biji, yang satu isinya OS(baca : DOS) terus yang atunya lagi aplikasi yang mau kita pake.

Kembali ke tahun...ummm mungkin sekitar 1989 sampai awal 1990, waktu itu setelah Bapak ikut kursus komputer di Jakarta yang ngadain kantor pusat dimana bapak kerja. nggak lama setelah itu Bapak beli komputer pertama kali, gw lupa namanya. DX? yang jelas sebelum 286. Jaman itu Bunda masih sering pegang komputer, ya meskipun cuma mainan (masih inget Digger? BTW, beberapa waktu yang lalu gw dapet Digger yang bisa dijalanin di XP, something like remastering gitu) setelah masak, biasanya gw sama bunda nyalain komputer untuk mainan digger. Kayaknya Casing komputer itu masih dirumah, soalnya mau dijual juga nyakitin ati, meskipun sekarang digudang;-)

Terus? OK yang mau gw omongin sekarang tentang storage space, dulu jaman cuma ada disket gajah itu toh asik-asik aja dipake kerja and ngegame, tapi sekarang? kalaupun masih ada disket 5 1/4 yang bisa dipake(nggak error maksudnya) dan ada floppynya kayaknya nggak bakal ada yang mau pake deh. Mungkin kita nggak begitu aware tentang hal ini tapi ini kenyataan bahwa ekspektasi kita berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, dan sayangnya, kalau ngomong dalam scope Indonesia, ekspektasi kita itu sebagai konsumen bukan produsen.

1995 bapak komputer baru. Pentium 100 waktu itu, RAMnya kalau ndak salah 8 mega. HDisknya 200Giga eh salah 200Mega. 1997 Bapak beli komputer lagi untuk gw. Pentium 166, HD nya 1,7 Gb, RAM nya kalau ndak salah 16 Mega, wuiiih waktu itu seneng banget dapet komputer itu, rasanya jauh lebih cepat dengan space hardisk yang besar

tapi kalau 1,7gb itu dibandingin sama sekarang wah parah banget, kompie yang sekarang dikost 40Gb aja rasanya udah suimpek banget, bingung, mau nyoba-nyoba distro susah. dikampus ada harddisk 80Gb, awalnya aja yang kerasa besar, setelah pada nyimpen ini itu, terutama ISO, hardisk segede gajah itupun terasa kecil, mungkin butuh Harddisk yang 300 Gb atau lebih. Entahlah. mungkin memang bawaan manusia untuk selalu merasa kurang

No comments: